Khasiat Bawang Putih untuk Penyakit

Khasiat Bawang Putih untuk Penyakit


Manfaat Bawang Putih untuk tubuh
mungkin selama ini kamu mengenal bawang putih sebagai salah satu bumbu pelaengkap untuk masakan Namun ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Tanaman yang dikenal dengan nama latin Allium Sativum bahasa inggrisnya : Garlic ini adalah tanaman yang berasal dari Asia tengah bawang putih sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai tanaman obat oleh budaya timur kuno sejak 7.000 tahun silam dan di Indoseia sendiri bawang putih banyak di manfaat kan sebagai bumbu dasar masakan.

Tanaman ini banyak mengandung Sulfur yang di sebut Allicin sehingga jika di konsumsi mentah akan terasa getir atau angur namun bawang putih akan memiliki khasiat besar jika di konsumsi mentah

Tabel Kandungan Zat Gizi Bawang Putih Per 100 gram
bahan sebagai Pembuktikan Manfaat dan Khasiat Bawang Putih



Manfaat bawang putih untuk berbagai jenis penyakit 

 1. Membantu mengobati jerawat
Dengan cara yang benar, bawang putih dapat membantu mengobati jerawat. Bawang putih yang dipotong atau dihancurkan akan melepaskan senyawa yang berguna sebagai pembersihan darah serta memiliki sifat antibiotik. Sehingga mereka akan membantu mengobati jerawat. Meski demikian, kita tetap harus melakukan pengobatan untuk jerawat, karena bawang putih hanya membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Siapa sangka bawang putih dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung kita. Bawang putih mampu mengurangi kolestrol dan menurunkan tekanan darah, sehingga ini akan mencegah penyakit jantung dan stroke. Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung allicin yang dapat membantu mengurangi kadar kolestrol.

3. Mencegah pembekuan darah
Sifat pembersih yang terkandung pada bawang putih memungkinkan untuk membersihkan arteri dan vena, yang kemudian akan mengencerkan darah serta melancarkan aliran darah. Selain itu juga dapat meningkatkan produksi oksida nitrat di dalam darah, yang membantu melebarkan pembuluh darah dan melarutkan pembekuan darah.

4. Mencegah kanker
Bawang putih memiliki sifat melawan kanker alami yang membantu sistem kekebalan tubuh kita. Bawang putih mampu mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker usus, kanker pancreas, kanker prostat, kanker perut, dan kanker payudara. Mereka juga dikenal dapat menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia.

5. Membantu dalam perlawanan infeksi
Bawang putih mengandung allicin, vitamin C, B6, kalium, kalsium, selenium, magnesium, dan flavonoid yang besar untuk melawan infeksi karena kandungan-kandungan tersebut dapat membunuh bakteri, jamur, dan virus.

6. Mengobati masalah tenggorokan
Sifat antioksidan dan antibakteri yang dimiliki bawang putih dapat membantu menyembuhkan batuk, sakit tenggorokan, dan radang tenggorokan. Jika kita mengalami gatal pada tenggorokan, kita bisa menguyah sepotong kecil bawang putih atau mencampurnya ke dalam jus wortel atau jus apel. Dengan demikian, bawang putih juga dapat mencegah flu dan demam.

7. Mengurangi tingkat gula darah
Bawang putih memang dapat membantu meningkatkan insulin di dalam darah, sehingga ini dapat membantu penderita diabetes. Namun, ini tidak berarti kita berhenti melakukan pengobatan dari dokter. Tetap lakukan pengobatan dari dokter dan mencoba bawang putih sebagai pengobatan tambahan.

8. Mengobati sakit gigi
Sifat antibakteri dan anesthetizing pada bawang putih dapat membantu mengobati sakit gigi. Untuk mengurangi rasa sakit, ita bisa meletakan bawang putih cincang pada gigi yang sedang sakit.
Meski bawang putih memiliki bau yang tidak sedap bagi sebagian orang, dengan banyaknya manfaat yang dimiliki bawang putih, kini tidak ada alasan lagi untuk kita menghindarinya, ya.

9. Antiaging dan dan menghambat sel kanker
Penelitian Dr. Yongxiang Zhang dari University of Tokyo Jepang bahwa bawang putih dapat menghambat kemerosotan otak dan sistem kekebalan. Penelitian dilakukan pada hewan membuktikan bawang putih membantu menghambat proses penuaan.

Menghambat sel kanker dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi bawang putih secara teratur. Penelitian oleh Memorial Sloan Kattering Cancer Center menemukan bahan kimia bernama SAMC dalam bawang putih dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Selain itu, zat organosulfida dalam bawnag putih membantu hati memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia penyebab kanker, khususnya kanker perut dan usus besar. Peneliti dari Penn State University merekomendasikan untuk membiarkan dulu potongan atau tumbukan bawang putih paling sedikit 10 menit agar bawang membentuk kandungan-kandungan memerangi kanker untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Mengurangi Risiko Komplikasi Pre-eklampsia
Sebagian ibu hamil menderita gejala pre-eklamsi ketika dalam masa kehamilan, yaitu meningkatnya tekanan darah dan kandungan protein dalam urine. Kondisi tersebut bagi ibu hamil sangat berbahaya karena membahayakan ibu dan janin dikandungnya. Untuk mengurangi pre-eklamsia, anda dapat menggunakan manfaat bawang putih atau khasiat bawang putih dengan mengonsumsi tablet bawang putih secara standar selama masa kehamilan. Walaupun pre-ekslamsia dan kelambatan pertumbuhan merupakan kondisi yang kompleks. tetapi konsumsi bawang putih dapat memberikan manfaat dan khasiatnya dengan mengurangi kemungkinan terjadi.

11. Bagus untuk penderita anemia
Penderita anemia akan tersiksa jika terus berada pada tekanan darah rendah yang menyebabkan kepala pusing atau mudah sekali kehilangan kesadaran atau pingsan. Untuk penderita anemia kandungan bawang putih bisa memberikan nutrisi seperti vitamin B1, Vitamin C dan khususnya zat besi yang memang bisa mengurangi penderita anemia mengalami penurunan tekanan darah kambuhan.

12. Mengurangi penyakit reumatik
Bagi anda yang memiliki permasalahan reumatik, memang cukup sulit mencari obatnya. Terutama karena reumatik menyangkut mengenai sendi dan juga otot. Bawang putih bisa mengurangi sakit karena reumatik anda. cukup konsumsi secara rutin. karena bawang putih mengandung bahan seperti natrium dan zink yang penting untuk syaraf, otot dan juga sendi.

13. Melancarkan pencernaan
Kandungan allicin pada bawang putih ternyata bisa meredakan perut yang menghasilkan enzim yang membuat tubuh nyeri dan juga kembung. Selain itu, allicin pada bawang putih bisa merangsang dinding perut dan usus sehingga melancarkan pencernaan. Maka anda yang sulit buang air besar bisa memanfaatkan bawang putih sebagai bahan pelega perut. Konsumsi bawang putih dengan cara memasukan kedalam setiap makanan anda.

14.Sumber stamina
Untuk anda yang mudah lelah, bawang putih bisa menjadi penguat stamina secara alami. Kebanyakan bahan instan memiliki kandungan kimia dan bisa berbahaya. Sedangkan bawang putih memang mengandung protein yang memberikan sumber stamina pada tubuh. Bagus juga untuk anda yang ingin pulih dari sakit.

15. Mengobati kolesterol
Allin dan allicin pada bawang putih bisa membantu anda yang memiliki penyakit kolesterol tinggi untuk dikurangi dengan bawang putih. Tubuh akan bermasalah jika memiliki kolesterol yang tinggi. Karena dengan kolesterol menyebabkan penyakit lain datang seperti halnya jantung dan juga darah tinggi.





2 komentar

avatar

terima kasih sudah berbagi ilmu, terima kasih

Balas
avatar

Terimakasih infonya nih, coba kalian cari tahu juga nih Fungsi dan Arti Rekening Koran

Balas