Asal mula nama Iblis dan nama Asli Iblis

Asal mula nama Iblis dan nama Asli Iblis


Asal mula nama Iblis dan nama asli iblis

Nama Asli Iblis adalah Azazil - ketika masih tinggal di dalam surga ketika itu iblis atau Azazil adalah hamba Allah SWT yang taat, Azazil menjadi malaikat yang dikenal penduduk surga karena doanya selalu dikabulkan oleh Allah, karena itulah para malaikat memintanya untuk mendoakan agar mereka tidak tertimpa laknat Allah.

Dengan reputasi ibadahnya,Azazil semakin bebas berkelana ke seantero lapisan langit. Tidak ada wilayah langit yang belum dikenalnya Seluruh malaikat kagum kepadanya.

Wajah Iblis (Azazil) ketika masih menghuni surga

Iblis memiliki wajah rupawan cemerlang, mempunyai empat sayap, banyak ilmu, terbanyak dalam hal ibadah serta menjadi kebanggan para malaikat dan dia juga pemimpin para malaikat, memiliki tempat dibeberapa langit

Begitu terkenalnya Iblis di kalangan malaikat sehingga namanya disetiap tingkatan langit berbeda Nama Iblis disetiap tingkatan langit ketika masih di surga Dalam sebuah Kitab, Karya Agung Sang Syeikh Imam Al-Ghazali disebutkan :

Pada langit pertama iblis memiliki nama Al-Abid yang artinya ahli ibada
Pada langit kedua iblis memiliki nama Az-Zahid
Pada langit ketiga iblis memiliki nama as-Saajid yang artinya Ahli sujud
Pada langit keempat iblis memiliki nama al-Khaasyi, yang artinya Selalu merendah dan takluk kepada Allah

Pada langit Langit kelima iblis memiliki nama al-Qaanit yang artinya Selalu ta'at
Pada langit Langit keenam memiliki nama al-Mujtahid yang artinya bersungguh-sungguh dalam beribadah

Sedangkan nama di langit keenam dan ketujuh adalah Al-Kazin dan Azazil (namun nama Azazil  lebih dikenal manusia)

Doa Iblis kepada Allah SWT untuk para Malaikat ketika masih disurga

Awalnya, iblis termasuk dari salah satu malaikat penghuni surga yang doanya terkenal makbul, Karena doanya yang ampuh tersebut, malaikat-malaikat lain meminta kepada iblis untuk didoakan agar para malaikat tidak tertimpa laknat Allah SWT.

Peristiwa itu terjadi manakala Malaikat  Israfil yang sedang berkeliling mengitari surga mendapati sebuah tulisan,dan Tulisan tersebut berbunyi :

"Seorang hamba Allah SWT yang telah lama mengabdi akan mendapat laknat Allah SWT dengan sebab menolak perintah Allah."

Tulisan itu berada di salah satu pintu surga, dan tak pelak lagi tulisan itu telah membuat Malaikat Israfil menangis tersedu-sedu. Ia takut sekali, hamba Allah SWT yang dimaksud adalah dirinya.

Tak hanya Malaikat Israfil, para malaikat lain juga turut menangis, dimana malaikat-malaikat lain itu juga memiliki kekuatan sama seperti Malaikat Israfil. Akhirnya para malaikat sepakat, untuk mendatangi Iblis (Azazil) dan meminta didoakan agar tidak tertimpa laknat dari Allah SWT.

Pada waktu itu, setelah mendengar penjelasan dari malaikat Israfil, Azazil berdoa kepada Allah SWT
"Ya Allah...! Hamba-Mu yang manakah yang berani menentang perintahMu itu, sungguh aku ikut mengutuknya."

lalu Azazil lalu memanjatkan doa,"Ya Allah, janganlah Engkau murka atas mereka lindungi mereka dari laknat Mu”

Namun celakanya didalam doanya dia tidak menyebutkan dirinya Azazil lupa bahwa ia juga termasuk hamba Allah dan tak menyadari bahwa kata hamba di salah satu pintu surga itu bisa menimpa siapa saja termasuk dirinya, hingga tibalah ketika pada suatu waktu para seluruh malaikat di panggil atas undangan Allah SWT

“Dan ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat:
“Sesungguhnya Aku hendak menciptakan seorang khalifah di bumi”.
Para malaikat berkata: “Mengapa hendak Kau jadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan di dalamnya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memujiMu dan menyucikanMu?”

Allah SWT menjawab:
“Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kalian ketahui”. (QS. Al-Baqarah 2:30).
Kekhawatiran malaikat ini karena memangsebelumnya telah terjadi pengrusakan dan pertumpahan darah di bumi oleh bangsa Jin.

Allah lalu menciptakan manusia pertama yang diberi nama Adam. (baca : penciptaan Nabi Adam)
Kepada para malaikat, Allah memperagakan kelebihan dan keistimewaan Adam,yang menyebabkan para malaikat mengakui kelebihan Adam atas mereka kemudian Allah menyuruh semua malaikat agar bersujud kepada Adam, sebagai wujud kepatuhan dan pengakuan atas kebesaran Allah. Seluruh malaikat pun bersujud, kecuali Azazil.

Allah berfirman:` Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu? `Menjawab iblis:` Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah `.(QS. 7:12)

Allah berfirman:` Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya.
(dalam Alqu'an dijelaskan tidak akan bisa masuk surga seseorang yg didalam dirinya ada kesombongan walau sedikit sekecil zarraap) maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina `.(QS. 7:13)

Iblis menjawab:` Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan `.(QS. 7:14) Allah berfirman:` Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh. `(QS. 7:15)

Iblis menjawab:` Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,(QS.7:16)

Asal Mula Nama Iblis

Karena Azazil tidak mematuhi perintah Allah, maka serta merta Allah tidak memanggil dengan nama Azazil lagi, tapi dengan nama barunya, Iblis artinya putus asa, karena ia telah berputus asa dari rahmat Allah. Dengan seketika Allah merubah mukanya yang asalnya sangat indah cemerlangan menjadi bentuk seburuk-buruk rupa.
Allah merubah kepalanya seperti kepala unta, dadanya seperti daging yang menonjol di atas punggung,wajah yang ada di antara dada dan kepala itu seperti wajah kera, kedua matanya terbelah pada sepanjang permukaan wajahnya, Lubang hidungnya terbuka seperti cerek tukang bekam, kedua bibirnya seperti bibir lembu, taringnya keluar seperti taring babi hutan dan janggut terdapat sebanyak tujuh helai.

Azazil diberi penangguhan kematianya hingga hari akhir kiamat, dengan janji iblis untuk menyesatkan Adam dan anak cucunya seluruhnya, kecuali hamba-hamba Allah yang ikhlas di antara mereka. 

Iblis menjawab:
"Demi kekuasaan Engkau, aku akanmenyesatkan mereka semuanya kecuali hamba-hamba-Mu yang mukhlis di antara mereka."
(Q.S Sad: 82-83)

Lalu Allah menjawab:
“ Sesungguhnya Aku pasti akan memenuhi neraka Jahanam dengan jenis kamu dan dengan orang-orang yang mengikuti kamu di antara mereka kesemuanya. (Shaad, 38:85)

Selama 120 ribu tahun beribadah, Azazil si pemimpin para malaikat dan si bendaharawan surga juga menyandang semua gelar kehormatan dan kemuliaan di tiap lapisan surga, dan selama 70 ribu tahun ia menjadi penyembah Allah yang paling taat Karena kesombongannya maka tiadalah guna ibadah tersebut.

Semoga Kisah Iblis atau Azazil ini bisa jadi bahan renungan bagi kita semua alangkah sayangnya, kita sebagai manusia rajin beribadah namun masih memiliki sikap sombong semoga kita diberikan Allah anugrah dan hidayahnya agar selalu diberikan tempat terbaik di sisi Allah menjadi umat Rosulullah Muhammad SAW yang selalu taat kepada Allah SWT..Amin


LIHAT VIDEO LAINNYA
https://www.youtube.com/channel/UClJCUxB3T8sYLk-21X5IlDA/videos

Inarani Youtube Channel
Tolong Subscribe ,Share dan Likenya ya